Minggu, 16 Desember 2012

Yang Manakah Anda..??

Siapakah orang yang paling manis senyumannya...?
Orang yang mempunyai senyuman paling manis adalah orang yang ditimpa musibah lalu dia berkata "Innalillahi wainna ilaihi raji'uun". lalu sambil berkata "Ya Robbi aku ridha dengan ketentuanmu ini", sambil mengukir senyuman.

Siapa orang yang paling kaya...?
Dialah yang mampu bersyukur dengan kondisi apapun dia, dengan apa yang ada dan tidak lupa akan kenikmatan dunia yang sementara dan mampu bersedekah disaat sempit.

Siapakah orang yang paling miskin...?
Orang yang miskin adalah orang yang tidak puas dengan nikmat yang ada dan menumpuk-numpukkan harta senantiasa tidak mengeluarkan sebagian hak orang laain (fakir, miskin, anak yatim, dhu'afa, janda tua yang tidak mampu mencari nafkah) yang ada pada hartanya.

Siapakah orang yang paling rugi...?
Orang yang paling merugi ialah orang yang sudah sampai dipertengahan usianya, namun masih merasa berat untuk melakukan ibadah amalan-amalan kebaikan.

Siapakah orang yang paling cantik...?
Orang yang paling cantik dialah yang mempunyai akhlakul karimah.

Siapakah orang yang mempunyai rumah paling luas...?
Orang yang rumahnya paling luas ialah orang yang membawa mati amalan-amalan kebaikan yang dilakukan semasa hidupnya, dimana kuburnya akan diluaskan sejauh mata memandang.

Siapakah orang yang mempunyai rumah paling sempit lagi menghimpit...?
Orang yang paling sempit rumahnya adalah yang mati membawa amal-amal keburukan, lalu kuburnya menjadi sempit menghimpit.

Siapakah orang yang paling cerdas...?
Orang yang paling cerdas dialah yang mengingat akan kematian beserta pedihnya siksa kubur dan neraka, kemudian dia mempersiapkan bekal untuk kematiannya.

Siapakah orang yang paling bijak...?
Orang yang paling bijak ialah orang yang mampu mengambil hikmah baik dari suatu kejadian serta menjadikan hikmah dari kejadian tadi untuk merubah dirinya menjadi lebih baik lagi.

Salam.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar