Minggu, 22 April 2012

Karbohidrat Kompleks, Apa Sih Itu....?

       Sarapan yang salah bisa mengakibatkan metabolisme terganggu, yang ada perut malah kekenyangan, konsentrasi berkurang dan metabolisme kacau, yang ditandai dengan gejala mengantuk. Konsumsi karbohidrat kompleks pada saat sarapan dapat mencegahnya.
       Kenapa sih kita lebih baik mengkonsumsi karbohidrat kompleks? karena tubuh memerlukan waktu lebih lama untuk menguraikan karbohidrat kompleks menjadi gula. Jadi gula memasuki aliran darah dengan cepat.
        Manfaat dari karbohidrat kompleks (tepung) adalah bahwa tubuh memerlukan waktu lebih lama untuk menguraikannya menjadi gula. Dengan demikian, gula memasuki aliran darah dengan laju kecepatan yang lebih stabil. Sertakan dalam karbohidrat makanan campuran yang berserat tinggi. Semakin banyak serat yang dikandung makanan, semakin perlahan proses pencernaannya dan semakin lambat pula peningkatan kadar gula darah. 
    Karbohidrat kompleks adalah karbohidrat yang tersusun dari gula-gula kompleks, bukan gula sederhana seperti gula pasir atau sukrosa. Karbohidrat kompleks bisa didapatkan dari beras merah, oatmeal, roti gandum, ubi, singkong, pasta. Berbeda dengan gula sederhana, karbohidrat kompleks akan melepaskan energi secara berkala sepanjang hari, sehingga perut tidak akan langsung kenyang setelah makan. Hal ini dapat mencegah kantuk yang biasanya muncul setelah kenyang.
macaroni adalah salah satu karbohidrat kompleks
        Kalau kata dokter Phaidon di akun twitternya @dr_phaidon sebaiknya dahulukan makan buah, melon sangat bagus. satu lagi pesan dokter Phaidon jauhi makanan goreng-gorengan karena selain tidak baik untuk tubuh juga membuat wajah tampak lebih cepat tua. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar