Minggu, 22 April 2012

RESEP SAYUR DAUN SINGKONG TERI PETE

Sewaktu belanja ke Pasar Tradisional keliling cari ide buat menu masak hari itu. secara ngga sengaja di salah satu kios sayuran saya liat daun singkong yang muda-muda banget. jarang ada daun singkong muda lagi dipanen, langsunglah saat itu ide muncul "...kenapa ngga masak sayur daun singkong saja."
dan idepun mengalir begitu saja, yang bikin istimewa saya tambahkan cabe jawa, pete dan ikan teri.


resep:
2 ikat daun singkong (pilih yang muda)
sayur daun singkong teri dan pete 
1 ons teri medan
1 papan pete
500 ml  santan cair (pake santan kemasan juga oke)
150 ml santan kental untuk tambahan
cabe jawa secukupnya
1 ruas kunyit (sangrai)
1 sendok makan ketumbar (sangrai)
5 siung bawang merah 
1 siung bawang putih
garam secukupnya
2 ikat sereh
3 lbr daun salam
2 ruas lengkuas


cara membuat:
1. rebus daun singkong kedalam air mendidih angkat jika sudah empuk, lalu tiriskan.


2. haluskan kunyit, ketumbar bawang merah dan bawang putih hingga halus


3. tumis bumbu halus hingga harum, tambahkan garam daun salam, sereh dan lengkuas. masukkan teri (biasa saya juga pakai rebon, rasanya oke juga lhoo)


4. masukkan santan cair. sebelum masukkan daun singkongnya iris-iris terlebih dulu biar saat dimakan ngga "kelologan"* apalagi kalau anak-anak yang makan :)


5. aduk hingga bumbu rata, tambahkan cabe jawa dan pete. masak sampai bumbu meresap dan matang
akhirnya siap deh disajikan. kalau saya masak ini suami dan anak saya pasti suka. biasanya lauk pendamping nya saya masak balado telur atau tempe goreng juga oke.
selamat mencoba... ^_^


*Tips dari saya biasanya kalau mau empuk ditambah baking soda saat merebus, selain itu baking soda akan membuat daun singkong berwarna hijau  jadi terlihat lebih cantik. 
*memilih daun singkong yang muda itu biasanya daunnya masih terlihat berwarna hijau muda/ terang, atau biasanya kalau saya suka coba pegang dulu kalau masih tipis dan cepat robek biasanya itu yang muda.
*menyangrai kemiri dan kunyit agar bau langu pada kunyit dan ketumbar tidak terlalu menyengat.


membagi ilmu yang berguna bagi saya itu sama dengan membagi kebaikan untuk orang lain, ilmu  yang kita punya akan lebih bermanfaat jika dibagikan dengan orang. memasak sambil membagi ilmu tentu sangat menyenagkan bukan... :)

1 komentar: